Kamis, 21 Januari 2016

Mengenal Lebih Jauh Burung Anis Merah / Punglor Merah

Burung yang bernama latin (ilmiah) Zoothera Citrina ini terbilang istimewa serta mempunyai ciri khas yang mudah dikenali dan diingat. Bukan karena kicauan-nya saja, burung anis merah atau biasa disebut punglor merah ini juga sangat familiar lantaran tingkah laku unik. Pada saat berkicau, burung dari keluarga Turdidae ini mempunyai kebiasaan unik sambil menundukkan kepala yang terlihat seperti orang mabuk. Biasanya setiap penghobi di Tanah Air menamainya dengan istilah kicauan teler. Terlebih lagi gaya khas-nya tersebut tidak dimiliki oleh jenis burung penyanyi lain.

more: Anis Merah

Mengenal Lebih Jauh Burung Jalak Suren

Tidak hanya populer lantaran ocehan-nya yang cenderung cerewet dan berisik, jalak suren juga salah satu burung dari keluarga Sturnidae yang juga mempunyai tingkat kecerdasan yang mengagumkan. Bagaimana tidak, burung jalak yang satu ini juga diketahui mempunyai keahlian seperti burung beo yang mampu meniru suara manusia. Mungkin kapasitasnya tidak sehebat burung beo, namun kelebihan suara dari burung yang bernama latin (ilmiah) Sturnus contra tersebut dinilai lebih mencolok daripada beo. Mungkin dari kelebihanya itu juga, mengapa unggas yang satu ini juga kerap disebut

more: Jalak Suren

Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Ijo Mini

Cucak ijo mini adalah salah satu jenis burung penyanyi dari keluarga Chloropseidae yang tak boleh dilewatkan. Mungkin benar ukuran tubuhnya lebih kecil dari sejenisnya, namun jika sudah bicara mengenai bakat dan kicauan ia juga tak kalah istimewa. Selain suara gacor yang cocok untuk memaster jenis burung lain, unggas yang bernama latin Chloropsis cyanopogon ini juga cukup piawai meniru nada suara burung lain. Inilah mengapa jenis spesies yang bernama lain Lesser green leafbird ini dari dulu cukup digilai para kicau mania di Indonesia.

more: Cucak Ijo Mini

Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Cucak Ijo Banyuwangi – Untuk Spesies yang masih berkerabat dengan burung cipoh ini memang sulit dibedakan dengan jenis cucak hijau lain di Indonesia. Namun tetap ada beberapa cara untuk mengenali burung cucak ijo banyuwangi. Lagipula cara membedakannya sendiri juga terbilang cukup gampang, karena salah satu burung dari keluarga Chloropseidae ini memang terbilang paling istimewa dari sejenisnya. Tentunya setiap penghobi juga sependapat, bahwa burung cucak ijo yang diketahui berasal dari kota Banyuwangi Jawa Timur ini juga bisa dibilang wakil yang pantas dari genus Chloropsis untuk bisa bersaing dengan burung papan atas lain di Tanah Air seperti Jalak, Murai Batu, Punglor, Lovebird, Kenari, Tledekan dan sebagainya.

more: Cucak Ijo Banyuwangi

Mengenal Lebih Dekat Burung Murai Batu Medan

Salah satu dari sekian banyaknya genus burung Copsychus, murai batu medan adalah jawaranya. Mungkin kebanyakan penghobi juga berpikir demikian terhadap burung dari keluarga Turdidae ini. Baik dari segi suara kicauan maupun bentuk fisik, praktis burung murai yang satu ini terbilang lebih istimewa. Selain suara gacornya lebih bervariasi, ciri khas yang paling mencolok dan sekaligus tidak dimiliki oleh jenis murai lain-nya di Indonesia ialah pada bagian ekornya. Rata-rata penggemar burung berpendapat, bahwa ekornya juga terhitung super, lebih panjang dan nyentrik.

more: Murai Batu Medan

Mengenal Lebih Jauh Burung Kacer Hitam / Lokal / Jawa

Copsychus sechellarum atau masyarakat Tanah Air lebih mengenalinya dengan nama kacer hitam atau jawa adalah salah satu dari keluarga Muscicapidae yang kualitasnya tidak kalah mentereng. Baik dari fisik maupun suara yang dimiliki, burung yang mempunyai warna tubuh dominan hitam pekat ini juga dinilai cukup menjanjikan. Bisa dibilang hanya bermodalkan warna hitam yang terlihat sangat gagah dan elegan tersebut, burung yang dalam versi bahasa inggris biasa disebut Seychelles Magpie Robin ini sudah bisa menyita perhatian bagi setiap orang yang ditemuinya.

More: Kacer Hitam

Mengenal Lebih Jauh Burung Kacer Poci / Sekoci

Kacer poci atau sekoci merupakan salah satu unggas penyanyi dari keluarga Muscicapidae (burung cacing) yang tak kalah menarik untuk selalu dibahas. Bagaimana tidak, burung yang bernama latin (ilmiah) Copsychus saularis musicus ini dikenal sebagai burung petarung yang mempunyai suara gacor maupun ngeroll yang cukup jempolan. Selain kebolehannya tersebut kerap terlihat di berbagai event kejuaraan dan kontes latber, karakter yang dimiliki burung kacer dada putih ini juga dianggap cocok untuk memaster atau melatih kicauan jenis burung lain.

more: Kacer Poci

Cara Memaster Pleci Bakalan Agar Cepat Gacor

Cara Memaster Pleci – Semua penangkar pleci, khususnya pemilik burung yang masih bakalan, pasti menginginkan unggas peliharaannya mampu gacor dengan suara yang lantang dan bervariasi. Berbagai metode pun telah banyak dilakukan oleh pemelihara burung kacamata, yang bertujuan supaya suara khas ngalas maupun ngerol-nya bisa cepat keluar dari paruhnya. Salah satu metode yang kerap dilakukan dan di percaya bisa menunjang kualitas suara burung berbadan kecil ini adalah dengan memberikan pemasteran. Namun, sebelum proses memaster berlangsung, ada baiknya jika menerapkan pola perawatan harian yang baik dan benar terlebih dahulu.

more: Cara Memaster Pleci

Cara Memaster Kenari Supaya Cepat Gacor Ngerol

Cara Memaster Kenari Agar Cepat Ngerol – Memaster merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh penghobi unggas gacoran, khususnya untuk penangkar burung kenari. Tujuan utama dari penerapan metode ini adalah supaya burung lekas gacor, terlebihnya lagi agar bisa menirukan suara-suara yang seringkali diberikan dan didengar olehnya. Alasan kuat pemasteran banyak dilakukan oleh kicau mania, karena dipercaya mampu merangsang dan memperkuat kecerdasan otak burung, sehingga kemungkinan besar ia lebih mudah untuk merekam dan kemudian meniru suara

more : Cara Memaster Kenari

Suara Burung Serindit untuk Masteran

Serindit adalah salah unggas pengicau dari genus burung berparuh bengkok yang juga sangat menawan. Jika dibandingkan dengan burung dari keluarga Psittacidae lain, ukuran tubuhnya memang relatif lebih kecil. Namun jika bicara soal ocehan yang dimiliki, burung yang bernama latin (ilmiah) Loriculus ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain mempunyai  warna tubuh hijau, burung mungil ini juga memiliki kicauan merdu yang cukup khas. Bahkan suara serindit gacor bisa dibilang cenderung berbeda jika dibandingkan dengan burung Lovebird dan Parkit

more: Suara Serindit

Suara Burung Jalak Suren untuk Isian / Masteran

Suara Jalak Suren – Daya pikat burung dari keluarga Sturnidae tampaknya tidak ada habisnya untuk selalu dibicarakan. Selain mempunyai perawakan yang gagah dan indah, semua jenis keluarga jalak-jalakan tersebut memang diketahui mempunyai kicauan istimewa. Salah satu jenis yang cukup menyita perhatian setiap penghobi burung sendiri adalah jalak suren. Burung yang mempunyai warna dominan hitam dan putih tersebut memiliki suara gacor, ngekek maupun ngeroll yang mengagumkan.

more: Suara Jalak Suren

Suara Burung Trucukan Gacor Ngebren untuk Masteran

Suara Trucukan – Banyak media yang bisa dipakai untuk bahan isian atau suara master pada burung. Mungkin alternatif  yang saat ini kerap menjadi pilihan utama adalah menggunakan perangkat elektronik atau ponsel yang mempunyai fitur mp3. Semenjak adanya cara tersebut, tentunya setiap penghobi lebih dimudahkan untuk bisa mengeluarkan bakat kicau yang ada pada burung mereka masing-masing dan menariknya cara ini hampir bisa digunakan untuk melatih berbagai jenis burung penyanyi apapun.

more: Suara Trucukan

Suara Burung Cililin / Tangkar Ongklet untuk Masteran

Suara Cililin – Setiap penghobi di Tanah Air pasti sudah tidak asing lagi dengan burung mungil yang satu ini. Cililin adalah salah satu burung dari keluarga Corvidae (gagak) yang tergolong istimewa. Meskipun ukuran tubuhnya kecil, namun karakter dan mental burung yang bernama latin (ilmiah) Platylophus galericulatus ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, unggas pengicau yang juga kerap dipanggil burung Tangkar Ongklet ini dikenal sebagai burung yang selalu ngotot saat mendengar suara kicauan dari burung lain.

more: Suara Cililin

Suara Burung Gereja Tarung untuk Masteran

Suara Gereja Tarung – Pantas jika burung mungil dari keluarga Passeridae ini mudah bersahabat dengan manusia. Hampir di semua tempat ia dapat ditemukan. Baik itu di hutan, kebun, pedesaan bahkan sampai perkotaan, burung gereja selalu terlihat berlalu-lalang membentuk kawanan untuk mencari makan. Bisa dibilang populasi burung gereja sendiri sangat mirip dengan burung bondong jawa (emprit). Dimana jumlahnya seakan-akan tidak pernah ada habisnya di lingkungan manusia.

more: Suara Gereja Tarung

Suara Burung Cucak Rawa untuk Masteran

Suara Cucak Rawa MP3 – Untuk sekelas burung yang bernama latin (ilmiah) Pycnonotus zeylanicus ini memang bisa dibilang sangat spesial. Selain penampilan dan ukuran tubuhnya mudah dikenal, burung cucak rawa juga sangat populer lantaran suara kicau yang dimilikinya. Burung dari keluarga Pycnonotidae (merbah) yang juga tidak asing dengan nama cucakrowo ini juga salah satu burung favorit untuk dijadikan binatang peliharaan rumah oleh setiap penghobi di Indonesia.

read more: Suara Cucak Rawa

Suara Burung Parkit untuk Masteran

Suara Parkit MP3 – Tidak hanya terkenal akan suara cerecetan khas yang dimilikinya, parkit juga sangat populer dengan tingkat kecerdasan yang mampu meniru ritme kicauan jenis burung lain. Parkit sendiri merupakan salah satu burung dari keluarga Psittacidae (paruh bengkok) yang keberadaannya sudah cukup lama di Indonesia. Setiap penghobi kalangan tua maupun muda pasti mengetahui burung yang bernama latin (ilmiah) Melopsittacus undulatus ini. Suara gacor-nya cocok untuk bahan isian masteran aneka jenis burung istimewa lain

more: suara parkit

Suara Burung Jalak Nias / Kerak Ungu untuk Masteran

Jalak Nias merupakan salah satu burung dari Sturnidae yang amat mengagumkan. Selain dianugerahi warna dan postur tubuh indah, burung yang juga dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama burung kerak ungu ini mempunyai suara kicauan merdu yang khas. Meskipun suara ngeroll maupun gacornya terdengar cenderung berisik dan ramai, namun karakter suara jalak nias dinilai para pemaster burung cukup cocok untuk menumbuhkan mental burung pengicau lain, diantaranya seperti Murai Batu, Branjangan, Tledekan, Anis Merah, Cucak Ijo, Kacer, dan lain-lain.

more: Suara Jalak Nias

Suara Burung Blackthroat untuk Masteran

Suara Blackthroat – Yellow-rumped Seedeater atau lebih sering dipanggil oleh masyarakat Indonesia sebagai burung Blackthroat merupakan salah satu burung penyanyi yang keberadaannya sudah cukup diakui. Baik masyarakat kalangan tua maupun muda rata-rata pasti sudah mengenalinya. Dimana burung dengan warna bulu dominan hitam dan putih tersebut juga tak jarang menjadi bahan pembicaraan oleh setiap kalangan penghobi lantaran suara khas yang dimilikinya.

more: Suara Blackthroat

Suara Burung Cipoh / Sirtu untuk Masteran

Suara Cipoh – Jika dilihat dari perawakan-nya saja, siapa yang tidak tahu dengan burung berwarna hijau ini. Cipoh atau sirtu adalah salah satu burung pengicau yang jumlah peminat dan pemeliharanya juga terbilang banyak di Indonesia. Burung endemik negara-negara kawasan Asia Tenggara ini bahkan cukup populer lantaran suara yang dimilikinya dinilai cukup cocok untuk bahan isian memaster burung lain seperti Murai Batu, Cucak Ijo, Branjangan, Tledekan, Kenari, Anis, Kacer dan lain-lain.

more: Suara Cipoh